Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Peripheral dan Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Peripheral

Secara garis besar perawatan peripheral adalah suatu perawatan yang diberikan untuk merawat dan menjaga kesehatan dan kestabilan sebuah hardware yang sudah terpasang pada perangkat komputer, baik yang terpasang diluar (output) maupun peralatan yang terpasang didalam perangkat komputer itu sendiri (input) yang mana tempat terpasangnya suatu perangkat input sering dikenal dengan matherboard / papan induk.

Sedangkan peripheral sendiri mempunyai arti suau peralatan pendukung yang bisa dipergunakan untuk menjaga dan meningkatkan kestabilan suatu perangkat komputer yang ditujukan pada bagian perangkat kerasnya saja.

Dari pengertian diatas, dapat diimpulkan bahwa Pengertian Peripheral Komputer (Computer Peripheral Device) adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukkan dan mendapatkan informasi ke/dari komputer.

Peripheral komputer merupakan sebuah perangkat yang terhubung ke komputer tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer. Adapun elemen inti sebuah komputer adalah CPU (central processing unit), power supply, motherboard dan Case komputer.

Secara teknis, segala sesuatu selain ketiga komponen inti ini dianggap sebagai perangkat peripheral. Namun hal ini merupakan pandangan yang agak terbatas karena beberapa elemen lainnya juga diperlukan agar komputer benar-benar berfungsi, seperti hard disk drive dan RAM (random-access memory).

Banyak diantara para pengguna komputer yang menyepelekan hal ini, jika dilihat dari pengaruhnya sendiri perawatan peripheral ini sangatlah bermanfaat sekali untuk melancarkan kinerja dari perangkat komputer.

Misalnya, jika sudah banyaknya debu yang menempel pada salah satu perangkat keras secara perlahan maka kinerja komputer itu sendiri akan sering terganggu dengan menimbulkan gejala - gejala seperti error, atau bahkan melemahnya kinerja perangkat komputer itu sendiri.

    Pengertian Peripheral dan Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Peripheral

    Contoh Perangkat Peripheral Komputer

    CPU (The central processing unit), motherboard dan power supply merupakan inti sistem komputer. sedangkan Expansion Slot (slot ekspansi) pada motherboard membuat komputer dapat terhubung ke peripheral internal seperti Video Card dan Sound Card.

    Beberapa peripheral internal penting lainnya adalah Hard Disk Drive dan Optical Disk Drive. Peripheral input eksternal adalah Scanner, Monitor Layar Sentuh, Keyboard dan Mouse. Peripheral output eksternal adalah Speaker dan Printer.

    Ada banyak contoh peripheral seperti Microphone, Webcam, Headphone, Hard Disk Drive Eksternal dan USB Flash Drive. Sebagian besar komputer menggunakan setidaknya beberapa perangkat peripheral ini. Peripheral internal terhubung ke motherboard secara langsung menggunakan beberapa jenis slot pada motherboard.

    Perangkat eksternal dapat dihubungkan dengan komputer menggunakan koneksi wired (kabel) atau wireless (nirkabel). Seperti namanya, koneksi wired menggunakan kabel yang perlu dicolokkan ke komputer menggunakan konektor. Konektor yang paling banyak digunakan secara luas adalah USB (Universal Serial Bus), tetapi beberapa jenis lainnya juga digunakan, tergantung pada sistem komputer dan jenis peripheral.

    Hal - Hal Yang Harus Diperhatikan

    • Persiapkan alat - alat yang bisa dijadukan suatu pendukung untuk bisa melakukan perawatan periferal dan tentunya alat tersebut tidak mengganggu keadaan / kondisi dari hardware tersebut
    • Lakukanlah diagnosa atau suatu pengecekan khusus atas kerusakan yang dialami perangkat komputer
    • Pahami bagaimana cara melakukan perawatan periferal tersebut
    • Perhatikan langkah - langkah atau prosedur yang diberikan untuk melakukan sebuah perawatn periferal

    Peralatan Yang Dibutuhkan Perbaikan Peripheral

    • Sebuah Obeng yang digunakan untuk membuka baut
    • Tang yang digunakan untuk membuka klip yang terpasang pada motherboard
    • Kuas untuk pembersihan debu pada area motherboard atau hardware
    • Kain kering atau tisu dan cairan pembersih untuk menghilangkan sisa - sisa debu yang tedapat pada hardware
    • Penyedot debu mini yang digunakan untuk membersihkan debu yang terdapat pada sela - sela port yang tidak bisa dijangku oleh kuas
    • Dalam menerapkan hal ini juga., kita sangat memerlukan beberapa teori yang dimana bisa dijadikan patokan untuk bisa melakukan perbaikan pheriferal  

    Penjelasan Dan Fungsi Alat Perbaikan Peripheral

    1. Obeng

    Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan peripheral

    Obeng merupakan salah satu alat yang menjadi salah satu pendukung penting pertama yang digunakan dalam melakukan suatu perawatan periferal. obeng digunakan untuk membuka sebuah baut - baut yang terpasang pada hardware. Jenis obeng yang digunakan pada perawatan periferal pun terdapat dua jenis obeng yaknii obeng (+) , obeng (-), serta obeng bintang/kembang dan perlu anda ketahui juga untuk bisa melakukan sebuah perbaikan periferal perlu dipersiapkan obeng dari berbagai ukuran, karena baut yang digunakan pada perangkat komputer pun mempunyai ukuran yang bervariant

    2. Tang

    Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan peripheral

    Alat tang ini berguna Untuk melakukan perbaikan periferal pada perangkat komputer dimana tang yang digunakan pada perawatan periferal ini adalah tang dengan jenis tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut sendiri  banyak digunakan untuk memegang sebuah kepala skrup atau jumper yang mempunyai ukuran kecil.

    3. Kuas

    Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan peripheral

    Kuas pada perawatan periferal digunakan untuk melakukan pembersihan hardware dari debu - debu yang menempel, dimana debu - debu tersebut dapat menimbulkan suatu pengaruh yang negatif akan performa perangkat komputer

    4. Penyedot debu mini

    Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan peripheral

    Penyedot debu ini digunakan layaknya koas, yakni sebagai alat yang digunakan untuk melakukan pembersihan hardware dari debu - debu, namun penyedot debu ini digunakan untuk melakukan pembersihan debu yang terdapat pada slot - slot yang terdapat pada matherboard dimana debu - debu ini tidak bisa dicapai oleh alat koas

    5. Kain kering atau tisu dan cairan pembersih

    Peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan peripheral

    Kain kering ataupun sebuah kain basah seperti kanebo, digunakan untuk melakukan pembersihan pada fisik hardware atau permukaan hardware yang sudah kotor , 

    Posting Komentar untuk "Pengertian Peripheral dan Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Peripheral"